Wednesday 11 May 2016

Ikan Botana Biru atau Powder Blue Tang

Ikan Botana Biru atau Powder Blue Tang / Powder Blue Surgeonfish dengan bahasa latinnya Acanthurus leucosternon merupakan ikan laut yang cantik ikan ini dapat ditemukan di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik bagian barat, yang berkisar antara Afrika Timur ke Laut Andaman, Christmas Island, dan Bali di Indonesia.

Ikan Botana Biru atau Powder Blue Tang
Ikan Botana Biru atau Powder Blue Tang
Botana Biru adalah ikan penghuni lingkungan laut dangkal, terumbu karang pesisir pulau di kedalaman 0-25 meter. Ini biasanya dijumpai di rataan terumbu dan sepanjang lereng ke laut atas. Ia hidup sendirian atau dalam kelompok besar yang mencari makan bersama-sama.

Ukuran ikan botana biru bisa mencapai ukuran rata-rata 23 cm .
Tubuhnya berbentuk oval dan dikompresi lateral . Seperti jenis surgeonfishes lainnya ,ikan ini berenang dengan sirip dada .
Sirip ekor memiliki bentuk sabit . Ikan memiliki tulang belakang yang terletak di pangkal ekor  mirip seperti pisau.
Ikan ini bermulut kecil dan lonjong kedepan sehingga bisa  mencapai ruang sempit makanan pada bagian moncong terdapat gigi kecil dan tajam  .

sisi-sisi tubuh ikan ini berwarna biru , sirip punggung dan pangkal sirip ekor bewarna kuning, kepalanya bewarna hitam  hingga ke mulut, Pada bagian bawah mulut, sirip perut berwarna putih, sirip dada transparan dengan refleksi warna kuning .
Warna biru pada ikan ini bisa menjadi identifikasi kesehatan ikan tersebut karna jika dia tidak sehat atau stress warna biru tersebut akan memudar.

Makanan Ikan surgeonfish di alam liar berupa alga, ganggang, dan tumbuhan kecil yang ditemukan di celah-celah karang.

Sumber : Wikipedia

No comments:

Post a Comment